Oleh: Ruth | Maret 22, 2009

Cerita Perjalananku ke Swedia

My Journey:

Chapter One

Go To Sweden

Maret, setahun yang lalu, adalah bulan yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Menyenangkan karena saat itu aku sedang hamil lima bulan, mengandung anak ketiga. Ditengah persiapan menyambut kehadiran anggota keluarga baru itu, aku disibukkan persiapan lain, sehingga terasa menegangkan.

31 Maret 2008 itu aku akan berangkat ke Swedia, mengikuti sebuah kursus. Perjalanan panjang yang tentunya memerlukan persiapan khusus. Aku akan terbang dari Solo ke Jakarta. Dari Jakarta, pesawat yang kutumpangi harus ke Malaysia dahulu, sebelum terbang menuju Swedia.

Waktu itupun akhirnya tiba. Dengan membayar tiket seharga kurang lebih US$ 1.400, aku terbang menggunakan pesawat Malaysia Air, MH 90. Burung besi yang kutumpangi take off dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, sekitar pukul 21:30 WIB dan tiba di Kuala Lumpur (KL) International Airport, Malaysia, sekitar pukul 22:30 WIB.

Transit semalam di KL International Airport, merupakan kenangan tersendiri. Ditengah kesendirian, aku beranikan diri bertanya kesana kemari. Dari bertanya itulah aku menjadi tahu, bila gate menuju Swedia terletak di Terminal B. Cukup jauh dari Terminal A, tempat kedatanganku dari Jakarta. Sehingga, untuk sampai kesana aku harus menggunakan Kereta Airport.

Untunglah Terminal B tidak sesunyi Terminal A. tempat itu ramai dengan lalu lalang kru pesawat dari berbagai maskapai penerbangan internasional dari seluruh dunia. Mereka yang transitpun banyak. Keramaian ini membuat rasa takutku berangsung-angsur hilang.

Aku berjalan mengelilingi KL International Airport. Konon, Airport ini adalah yang terbagus dan terbersih di dunia dan saking bersihnya, pernah mendapatkan Award. Tempat pertama yang kucari adalah tandas, sebutan orang Malaysia untuk kamar kecil. Setelah itu, aku pergi ke Surrow, yang dalam bahasa Indonesia disebut Mushola.

Puas berkeliling, aku mencari tempat yang nyaman untuk tidur. Pilihanku jatuh pada sebuah kursi panjang. Jadilah aku tidur berkasurkan kursi malam itu. Namun, meski mencoba cukup keras untuk tidur, mata ini sungguh sulit terpejam. 1001 pikiran berkecamuk dibenakku. Maklumlah, ini pengalaman pertama sendirian di negeri orang. Padahal, pukul 08:00 waktu setempat, pesawat yang membawaku ke Swedia sudah harus berangkat.

Setelah melewati penantian panjang selama 8 jam, akhirnya pesawat yang kutumpangi terbang menuju Swedia. Sesampainya di Arlanda Airport, Stockholm, Sweden, sekitar pukul 16:00 waktu setempat, perasaan aneh sempat menyelimutiku. Menapakkan kaki di bumi Swedia, perasaan itu semakin menjadi. Tak seperti yang kubayangkan, pemandangan sepanjang jalan dari Airport menuju Gavle, kota tempat aku tinggal nanti,  hanyalah hamparan lahan kosong yang ditumbuhi pohon cemara.  Sepi. Jarak dari satu rumah dengan rumah lainnya, berkilo-kilo meter. Sangat bertolak belakang dengan yang sering kusaksikan di Indonesia.

Menumpang Taxi, aku menuju Park in Hotel, di Kota Gavle, Swedia. Sepanjang perjalanan aku hanya berdiam diri. Dalam diamku, dalam hati tak henti-hentinya aku mengucap syukur atas anugerah yang diberikan-Nya, hingga aku selamat sampai di Swedia.

Aku sempat terheran-heran ketika menyaksikan gumpalan putih di kanan kiri jalanan. Pikirku, wah, limbah cucian kok bertebaran disepanjang jalan! Sejurus kemudian aku sadar, bila gumpalan putih itu adalah salju. Luar biasa, surprise sekali rasanya. Sungguh, itu adalah salju pertama bagiku.

Dua jam menempuh perjalanan dari Airport, sampailah aku di Park In, Gavle, Sweden. Di tempat inilah aku akan tinggal selama satu bulan.

To be continue

* * *

Gavle, Sweden

Gavle,Sweden

dinner-070

Iklan

Responses

  1. Wanna learn about lifestyle from you soon… Ibu, Nice hve long hair like U… sunny regard’s

  2. Tidak semua orang mendapatkan kesempatan seperti yang ruth alami……..jadi patut disyukuri.
    Congratulation…for your life style….

  3. Saya alumni mahasiswa master Universitas Gavle..apa kabar Gavle sekarang?
    salam,

    • mau dong kenalan Master of Gavle…hehehe… makasih udah singgah di blog ku.. yang udah lama tidak ku tengok..
      thanks anyway..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: