Oleh: Ruth | Maret 24, 2009

Kursus di Swedia

Urban Land Administration Phase I, Gavle Sweden 1 -25 April 2008.

Suasana di kelas

Suasana di kelas

My Journey:

Chapter Two

ULA Phase I, Gavle, Sweden

Tujuanku ke Swedia untuk mengikuti International Courses Urban Land Administrations (Kursus Administrasi Pertanahan Perkotaaan). Kursus itu diadakan oleh Swedesurvey, bekerjasama dengan Lantmateriet (BPN nya Swedia). Masalah biaya, ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Swedia melalui SIDA (Swedish International Development Coorporations Agency).

Kursus yang kuikuti berlangsung selama satu bulan. Dimulai dari tanggal 1 sampai dengan 25 April 2008. Kegiatan ini menjadi sangat menarik karena diikuti peserta dari 13 negara sedang berkembang.

Aku merasa sangat bangga karena terpilih mewakili Indonesia di forum Internasional. Sedang peserta dari 12 negara lainnya, masing-masing Thinley dan Sonam dari Bhutan, Donald dan Reuben dari Bostwana, Some dari Burkina Faso, Niveen dan Azza dari Egypt, Vida dan Emmanuel Kofi dari Ghana, Peter dan Joan dari Jamaica, Kelby dan George dari Malawi, Zainab dan Abdullahi dari Nigeria, Ruby dari Peru, Nelson dan Prem dari Sri Lanka, Halima, Wens dan Lucy dari Tanzania serta tiga orang peserta dari Zambia, Jammie, Greyson, Kelvin dan Evaristo.

Selama kursus, selain menerima materi tentang pertanahan seperti Land Information System, IT-Governance and Security, Land Taxation, Cadastral, Gender Issues dan lain-lain, kami di wajibkan memaparkan proyek yang telah dilaksanakan di negara masing-masing.

Alhamdulillah, presentasi yang kusampaikan sukses. Baik dari segi slide, penampilan maupun materi project. Semua yang kusampaikan mendapat tanggapan positif dari Tim Pengajar dan teman-teman peserta lainnya. Presentasi yang kusampaikan mengangkat Tema, “Penataan Pertanahan dan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan Pada Kawasan Kumuh Melalui Reformasi Agraria”. Di Swedia ini, kami hanya menyampaikan presentasi Project Proposal saja. Sedang presentasi hasil projectnya, dilaksanakan pada phase II ULA di Nairobi, Kenya, Africa, Nopember 2008.

To be continue

* * *

Iklan

Responses

  1. hu………………..

  2. selamat atas keberhsilan presentasinya. ajarin bikin blog dong…

    • Rasta bukankah kamu guruku dalam urusan blog…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: