Oleh: Ruth | Maret 30, 2009

JAMBO KENYA

II (seri 2)

My Journey:

Chapter Two

Jambo Kenya

Bila berkunjung ke Afrika, jangan kaget kalau ada yang menyapa, “Jambo…”. Orang yang mengatakan itu bukan sedang menawarkan buah Jambu. Jangan salah artikan, Jambo bagi orang Afrika berarti “Halo…” (Bahasa Swahili).

Selama di Nairobi, aku kembali bertemu teman-teman peserta ULA I 2008 di Swedia dulu. Seperti juga aku, mereka melanjutkan kursus pertama itu disini.

Tempat aku tinggal selama kursus, KSMS, memiliki pemandangan yang cukup indah. Tidak seperti pemandangan selama perjalanan dari Airport. Hanya saja, tempat ini terkesan sepi. Karena, KSMS sebenarnya sebuah sekolah yang disertai asrama. Halamannya sangat luas, dengan tumbuhan yang tertata rapi. Saking luasnya tempat ini, bangunannya terdiri dari Blok-Blok, dari A sampai Z.

Banyak materi perkuliahan yang ku dapat selama mengikuti kursus. Separti Kenya Slum Upgrading, Experiences from Cadastral Work in Sweden, General way foward and network consolidation, dan lain-lain.

Tapi yang utama, adalah mempresentasikan hasil Change Project yang dilaksanakan di negara masing-masing. Dalam kesempatan itu, kembali aku mengucap syukur Alhamdulillah,  karena kesuksesanku dalam presentasi.  Baik dari segi penampilan, materi, slide maupun hasil dari change project. Semua guru, panitia dan teman-teman dari 12 negara peserta, sangat  antusias  mengikuti presentasi ku hingga akhir. Mereka juga banyak mengajukan pertanyaan sehubungan dengan change project yang kusampaikan.

Selama di Afrika, bersama teman-teman aku melakukan kunjungan ke beberapa tempat. Antara lain ke kawasan kumuh terluas di dunia di Kibera, kunjungan ke UN HABITAT (PBB) dan safari alam, Amboselli National Park.

Aku juga dijamu makan malam di hotel mewah “Safari Hotel”, dengan sajian makanan khas Italy lengkap. Tak ketinggalan, sajian tarian tradisional Afrika, semacam akrobat yang atraktif dan sangat memukau.

To be continue

* * *

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: