Oleh: Ruth | Maret 31, 2009

Kibera terkumuh di dunia ???

V (seri 5)

My Journey:

Chapster Five

Kibera, The Most Slum Area In The World?

Selama mengikuti kursus Urban Land Admistration phase II di Nairobi, Kenya, kami melakukan kunjungan ke permukiman informal yang disebut Kibera.

Pemukiman ini luasnya berhektar-hektar. Daerah yang sangat luas itu, hampir seluruhnya merupakan  kawasan kumuh yang sangat padat, kotor dan menjijikan. Disani-sani terlihat kotoran berserakan. Rumah-rumah warga Kibera terbuat dari tanah lempung, yang betul-betul lempung, pung… Bau busuk merebak dan terasa menyengat. Sulit kulukiskan dengan kata-kata betapa amburadulnya tempat ini. Mudahan bisa dilihat dari foto-foto yang ku up load disini.

Saat ini, Pemerintah Kenya bekerja sama dengan UN HABITAT tengah melakukan sebuah proyek Up Grade Informal Settlement di Kibera. Proyek itu terdiri dari serangkaian tahapan kegiatan  penataan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan pertanahan.

Secara bertahap, diadakan pembangunan perumahan yang layak huni. Dibangun juga fasilitas umum seperti jalan kampung, toilet, jaringan air minum dan listrik. Selain itu, fasilitas pendidikan juga diperhatikan, dengan mendirikan sekolah setingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

To be continue

* * *

Iklan

Responses

  1. kenapa ?? itu jawaban yang aku tanya dalam diriku, setelah mengunjungi blog bunda ruth…dari sekian PIC mulai dari keluarga sampai ke artikel ini yang berjudul KIBERA “desa/kota terkumuh di dunia’ mungkin itu maksudnya. kenapa ??? itu lagi yang menjadi pertanyaan dalam hati aku, maksudnya..kenapa allah memberikan cobaan untuk mereka, apa mungkin mereka tidak bersyukur kepadaMU ya rabb, atau mereka lalai akan perintah mu ( allahu alam ) NAIF memang utuk kalian mmbaca tulisan ku, tapi itulah yang aku rasakan ( maap ) mudah2 kita selalu bersukur dengan yang kita dapat sekarang..amiiinnnn

    untuk sahabat ku bunda ruth, alangkah bahagia dirimu mendapat rezeki yang mungkin orang lain tidak dapat merasakan hal yang bunda rasakan. semoga apa yang bunda dapatkan sekarang dapat di bagikan ilmu2 yang bermamfaat nya kepada teman2 di jakarta…ammmiiinnnnn ya rabb

    sukses buat mu bunda dan keluarga mu tercinta.

    • Alloh Maha Tahu apa yang terbaik bagi umatNya…
      makasih Anto… u r is the best…

  2. Bener2 kumuh, tapi di indonesia juga ada yg sekumuh itu, mari sama2 kita jaga lingkungan kita supaya tidak sekumuh itu…

  3. kumuh???????????????? diindonesia masih banyak yang masih perlu diperhatikan kalau bicara masalah kumuh

  4. ternyata ada juga yang tidak lebih baik dari indonesia

  5. RUTH KECIL-KECIL LAN IMUT MANEH,TAPI KEGIATAN OUTDOOR DAN INDOOR NYA SAMA BANYAK, GIMANA CERITANYA SAMPAI KUMPUL SAMA ORANG AFRICA ITU …?

  6. salam kenal

  7. iya di indonesia .
    dit4 t4 tertentu masih banyak yang lebih kumuh

  8. dalam rangka apa ruth …sampai citu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: