Oleh: Ruth | April 27, 2009

Ingin Cantik?

Cantik dengan Kosmetik dan riasan yang tepat

Masih dalam rangka Memperingati Hari Kartini, saya ingin menulis topik tentang hal yang sangat dekat dengan dunia wanita yaitu Kecantikan. Tidak bisa dipungkiri lagi kalau semua wanita menginginkan wajah yang cantik. Memang saya setuju kecantikan diri dari dalam (iner Beauty), lebih utama dari pada kecantikan fisik. Namun kita juga harus memperhatikan kecantikan fisik. Karena akan melengkapi kecantikan pribadi kita secara total.

Untuk kecantikan fisik akan kita dapatkan, apabila kita menggunakan kosmetik yang tepat. Arti tepat disini adalah sesuai dengan kulit kita, sehingga tidak ada keluhan apapun setelah dipakai dan memberikan hasil riasan yang terbaik. Tentunya untuk riasan ini, kadang-kadang tidak semua wanita cakap dengan tehnik merias diri ini. Hal itu dari tergantung pengetahuan dan pengalaman masing-masing.

Pada saat pertemuan rutin Dharma Wanita Persatuan Dinas Pertanian Kota Surakarta (kantor tempat suami saya bekerja), ada pengisian materi dari Kosmetik Wardah. Dengan memakai salah satu ibu sebagai model untuk dirias, pembicara menyampaikan cara memilih kosmetik dan tata cara merias yang tepat.

Namun disini saya tidak akan mempromosikan produk kosmetik apapun. Karena semua itu akan berpulang kepada diri kita masing-masing. Kosmetik apa yang dirasa paling tepat maka itulah yang menjadi pilihan kita.

Membersihkan wajah

Memberihkan wajah sebelum make-up adalah wajib. Karena pori-pori wajah harus benar-benar terbebas dari sumbatan kotoran apapun. Sehingga akan menghasilkan hasil riasan yang sempurna. Gunakan pembersih dan penyegar yang bebas alkohol. Karena dapat mengiritasi kulit. Gunakan kapas atau tissue yang berdaya serap tinggi namun tidak mudah hancur. Bersihkan wajah dengan menarik kapas ke arah atas. Dengan demikian akan membuka pori-pori, dan pembersihan akan maksimal.

Bedak Wajah

Ada empat tahapan dari menggunakan bedak : pelembab, foundation (dasar bedak), Face Powder (bedak tabur) dan Compact Powder (bedak padat). Untuk pelembab wajib digunakan terutama bagi yang berkulit kering. Pelembab dapat berbentuk lotion dan cream. Tergantung kecocokan masing-masing. Hindari produk yang menandung hydroquinon dan mercuri, karena bersifat exfolion yang mengkikis kulit ari. Kulit ari lama-kelamaan akan terkelupas, dan menyebabkan semakin kulit semakin sensitif.

Compact powder digunakan paling akhir, setelah bedak tabur. jangan lupa rapikan bedak dengan menggunakan kuas halus. Hal itu untuk menyapu bedak yang menumpuk di lipatan sekitar hidung, mata dan bibir. Sehingga bedak melekat sempurna dan terkesan alami.

Pensil Alis

Beruntunglah bagi mereka yang sudah memiliki alis tebal dan indah. Tetapi bagi wanita yang ingin memperindah alisnya dengan pensil, harus memperhatikan tehnik-tehnik pemakian yang benar. Apabila salah, akan menghasilkan kesan wajah yang tidak diinginkan. Misal jika terlalu tebal dan hitam akan memberikan kesan galak. Untuk itu pilih warna pensil yang lebih muda dari warna alis aslinya. Jangan terlalu kencang dalam menekan pensil saat merias, karena akan menghasilkan goresan yang tebal. Goresan harus dari pangkal alis ke arah ujung, dengan halus dan berulang-ulang hingga mendapatkan bentukan alis yang diinginkan, namun tetap terkesan alami.

Eyes shadow

Jika ingin memancarkan pesona kecantikan mata, gunakan lah eye shadow untuk riasan mata. Pilihlah paduan warna-warna yang harmonis. Warna-warna natural seperti, coklat, abu-abu, pink dan jingga. Untuk tulang mata tepat di bawah alis, harus dengan warna muda cenderung putih dan berkilat, sehingga memperindah mata.

Blush-on (perona pipi)

Pemakaian blush-on (perona pipi) akan memberikan kesan segar dan cerah pada wajah. Gunakan kuas yang halus dan lembut. Sapukan sepanjang tulang pipi, dengan arah memutar searah jarum jam. Untuk mendapatkan tulang pipi, tersenyumlah saat memakai blush on, maka bagian tulang pipi akan tampak jelas. Gunakan warna-warna natural yang lembut seperti coklat muda, jingga dan merah muda. Usapan harus tipis namun merata, sehingga menyatu dengan bedak.

Mascara

Pakailah mascara yang water proof (formula tahan air), sehingga tidak mudah luntur. Mascara akan membuat bulu mata terlihat lebih tebal dan lentik. Hindari pemakaian yang terlalu tebal, karena akan terkesan berat dan wajah aneh (tidak alami). Bila perlu gunakan penjepit bulu mata untuk menambah kelentikannya.

Lipstick

Pilihlah lipstick yang mengandung pelembab, sehingga sekaligus dapat merawat bibir. Pelembab bibir bisa berasal dari Aloe vera extract, vitamin E, Squalane dan jojoba oil. Untuk memberikan kesan alami pilihlah warna yang mendekati warna bibir. Pemakaian warna natural,soft dan bersifat glossy seperti peach, jingga dan pink akan memberikan kesan wajah yang lebih cerah, segar dan nampak muda.

Kesemua riasan wajah tersebut diatas, tidak wajib dipakai. Sesuaikan dengan waktu dan tempat yang tepat. Untuk di rumah tidak perlu menggunakan semua riasan wajah. Namun hal yang perlu diingat adalah bahwa hendaknya kita para wanita berhias terutama untuk suami kita, bukankah yang demikian itu sesuai dengan ajaran agama dan hanya untuk mencari Ridlo-Nya….


Iklan

Responses

  1. Wah, saya harus sering berlatih nih biar tambah cantik hehehe

    • Hehehe.. Seorang tukangobatbersahaja ilmunya pasti lebih banyak.. thanks anyway komentnya.. salam kenal ya..

  2. wah… ternyata ilmunya banyak, pantes keliatan cantik aq pikir masih setara ma aq eh ternyata kakak………………….. ketipu dech aq..
    😉

  3. lama nggak berkunjung, n.. foto siapa itu yach

  4. waw banyak juga ya kebutuhan seorang wanita dan saya anggap wajar dan harus karena seorang wanita itu harus selalu tampil cantik,anggun khususnya buat suaminya sendiri.trima kasih bu atas tulisan nya ini semoga wanita2 indonesia lainnya selalu tampil anggun n cantik seperti kayak ibu ini.

  5. kok, isine kayak pariwara. Jgn2 njenengan dapat bonus or komisi ya mbak ruti…he….he

  6. Hebring euy..smg para kaum hawa bs menemukan blok yg satu ini..pastikan para suaminya puasti akan luengket..ket..kett..truss…

  7. hemmm….orangya maniss
    kecantikannyaa maniss
    makanayaa manissss
    di afrika paling maniss
    waktu hamil apalgi manis banget
    hemmm selanjutnya terserah andaa
    bye cosephia

  8. Siapa bilang cantik fisik itu kurang penting dibandingkan cantik hati..?!
    Masing2 punya versi dan bobot tersendiri…. idealnya adalah keseimbangan.
    Cantik hati adalah bulan… cantik fisik adalah matahari… keduanya melengkapi dinamika hidup ini.
    Bersatulah wahai seluruh perempuan di dunia… untuk memepercantik hidup ini!!!

  9. Memang cantik fisik itu penting, apalagi kalo hatinya juga cantik… itu juga lebih penting.
    wah kalo keduanya cantik pasti banyak yang mau… ato pasti para suami gak bakalan nglirik yang lain…

    Kembali lagi,….
    Cantik dan tidak cantik itu semua kepunyaan ALLAH, maka dari itu kita wajib mensyukuri apa yang di berikannya pada kita semua.

  10. hebat nii artikelnya bu,,emang kecantikan faktor yang paling penting ya……..

  11. artikel yang bagus buat para wanita.. Bisa juga ditambah dengan rutin mengkonsumsi teh hijau, olahraga, kurangi stress, dan selalu bersyukur kepada Allah atas karunia-Nya

    • Iya makasih mbak cantik. setuju untuk melalukan tips cantik darimu… makasih udah mau singgah di blog ku… sukses selalu ya mbak cantik..

  12. subhanalloh..smoga artikel ni bisa membantu untuk mnyempurnakan kecantikan wanita indonesia…

    • Makasih komentnya ya.. mbak atau mas nich… sukses selalu ya..amin.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: