Oleh: Ruth | Oktober 7, 2009

Temperamen Keluargaku

TEMPERAMEN DASAR MANUSIA

Mungkin di antara kita ada yang belum tahu tentang temperamen dasar manusia yang ada empat klasifikasi, namun terkadang kita adalah segera campuran dari ke empat temperamen tersebut. Sebagai pengetahuan berikut ini akan saya sampaikan apa dan bagaimana keempat temperamen manusia tersebut. Dan bagi temen-temen yang kebetulan singgah dan membaca blog ku pasti akan tahu termasuk temperamen yang mana yang dimiliki .

SANGUINIS

    Seringkali disebut “popular” karena mereka adalah orang social, jenis yang anda inginkan hadir dalam setiap pesta. Moto mereka adalah : ”ayo kita lakukan dengan cara yang menyenangkan”. Kebutuhan-kebutuhannya bersifat sosial artinya mereka ingin dilihat, dihargai,dibenarkan,diterima dan bahkan dipuja. Dapat berbicara tentang apapun, kapanpun pada situasi apapun. Paling ramai dalam kelompok. Orang yang senyumnya paling Lebar. Nyaman ditengah orang banyak. Memiliki kepribadian yang riang, optimisme yang hampir naif, punya selera humor yang kuat dan kemampuan alamiah untuk bercerita.

    Kelemahan sanguinis adalah tidak begitu terorganisir, seringkali lupa naruh sesuatu dan nama temen-temennya. Punya kecenderungan melebih-lebihkan dan sukar untuk serius. Mudah bosan dan sangat jengkel kalau mendapatkan penolakan.

    KOLERIS YANG KUAT

      Koleris makan, tidur dan minum atas kekuasaan dan kendali. Mottonya : ”Ayo kita lakukan dengan caraku”. Yang paling disuka jika orang taat padanya, penghargaan atas prestasi dan rasa hormat pada kemampuan mereka. Cocok untuk menjadi pemimpin dan bisa membuat penilaian dengan cepat dan tepat. Kepercayaan diri mereka tinggi dan dalam hidup mereka tidak takut menyakiti perasaan  orang lain, sehingga cenderung tegas, mantab dan memerintah. Mereka suka berpetualang, pandai meyakinkan, berkemauan keras, suka bersaing, menyatakan pendapatnya secara terbuka, berani dan mandiri.

      Kelemahan Koleris suka main perintah, menguasai, tidak peka dan tidak sabaran. Mengharapkan kepatuhan segera dan antusias. Dapat menjadi sakit hati kalau penilaiannya dipertannyakan. Ketakutan yang hebat akan kehilangan kendali. Mereka cenderung tidak simpatik, tidak bisa menunjukkan kasih sayang, keras kepala, sombong, tidak toleran, mudah marah dan berdedikasi berlebihan pada pekerjaan.

      MELANKOLIS

        Motto nya adalah : ”Ayo kita lakukan dengan cara yang benar”. Melankolis banyak menghabiskan energi emosionalnya untuk melakukan sesuatu yang benar. Suka menikmati analisis yang mendalam. Hidup berdasarkan standar dan idial-idial yang tinggi. Terampil dalam menetapkan tujuan jangka panjang. Cenderung sangat teratur. Selain sangat analitis melankolis juga biasa penuh rasa hormat, sensitif, perencana yang baik, teratur rapi jujur, berbudaya,idealis, memikirkan orang lain, dan setia.

        Kelemahan melankolis : menghabiskan terlalu banyak waktu dalam persiapan dan terlalu banyak waktu mencemaskan semua kekacauan yang bisa terjadi.  Obsesi mereka dengan detail dan proses membuat mereka mudah depresi, dibebani hal-hal negatif. Sering curiga pada orang lain. Banyak merenung dan sangat sensitif.

        FLEGMATIS

          Mottonya adalah : ” ayo kita lakukan dengan cara yang mudah”. Flegmatis menghindari konflik. Mengabdikan sebagian besar hidupnya untuk menjaga kedamaian dan menghindari konflik. Sangat hebat dalam memecahkan masalah secara objectif. Cenderung memiliki kepribadian yang seimbang dan menyenangkan. Wataknya tenang dan selalu baik-baik saja. Pandai menyesuaikan diri, sabar, suka menolong, ramah, pendengar yang baik. Flegmatis biasanya toleran dan diplomatis. Berusaha keras agar tidak menyinggung.

          Kelemahan flegmatis diakibatkan oleh sisi tenangnya : kurang antusiasme dan energi. Tidak mampu membuat keputusan. Babarapa punya kecenderungan untuk jadi pencemas. Terlalu santai mendekati malas.

          Sumber : The Real You by DR.Kevin Leman

          Iklan

          Responses

          1. hemmm…. sebelum baca blog ini aku wis nulis neng profil tentang dirikuku lhoo mbak… coba lihat….. memper tenan lhioo karo sing Mbak tulis…

          2. keluarga yg komplit…siipp dahh…coba klo flegmatis semua….kurang dinamis kali yahh…

          3. Piye carane ngenali tipe dasar kuwi yo…..Jeng… yen jarene pelatihan dek mben aku termasuk…. Melankolis….
            Cocok po ora yo karo Sanguinis?

          4. Nice..Memang penting untuk mengenali karekter atau sifat atau tempramen dalam keluarga, kl boleh ditambah kan yg tdkkalah penting mengajarkan bagaimana beradaftasi khususnya anak dalam keluarga..karena tidak dipungkiri lingkungan keluarga dan sekitar membangun karakter dasar anak

          5. dari semuanya ada plus dan minus nya…
            jd kita gak perlu ragu atau malu menyatakan bahwa kita adalah tipikal yang ini atau itu….
            bagus buat referensi mbak maruti

          6. dari semuanya…pasti ada plus minusnya…
            makanya ayooo….tunjukkan dr ga perlu malu atau ragu…..tipikalkita itu yang bagaimana…?
            ………….bagus buat referensi mbak maruti

          7. semua ada baik dan buruknya (kelebihan dan kekurangannya)….
            jadi buat semuanya ga perlu takut atau ragu…untuk menyatakan diri bahwa aku karakteristiknya yag ini taua itu…
            bagus buat referensi mbak maruti

          8. aku yang mana, say???

          9. keluaga yg harmonis dan dimanis………….
            pa lagi sanguinis,koleris,melankolis,flegmatis…….
            enk banget punya keluar gitu……..
            aku pun pengen punya keluar gitu ah……..

          10. memang gk ada orang sempurna di dunia ini, dan jika kita berkumpul dlm suatu wadah ke-4 sifat manusia yg dimaksud pasti ada, –
            gk ada 2 atau lebih manusia yang sama dan sebangun karakter pribadi masing2, jika diantara kita terdpt 1000 orng dlm suatu wadah, maka akan kita jumpai 1000 karakter.
            Kita td dpt menghindar sisi baik dan kurang karakter tsb dalam kehidupan sosial – tetapi kita butuh karakter positif mereka untuk pengembangan, sisi negatif – tidak bisa dihindari, masing2 kita sering menyadarinya, kita cuman bisa berupaya mnghindari yg effect yg berlebihan dr kelemahan2 itu. –

          11. siip…suatu ulasan yg bgs dan cukup menarik..
            bs nambah pengetahuan ttg sifat seseorang

          12. salam kenal …

          13. Sip bisa nambah kazanah keilmuan. Terima kasih.

          14. Ispiratif….


          Tinggalkan Balasan

          Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

          Logo WordPress.com

          You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

          Gambar Twitter

          You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

          Foto Facebook

          You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

          Foto Google+

          You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

          Connecting to %s

          Kategori

          %d blogger menyukai ini: