Oleh: Ruth | April 14, 2015

PERESMIAN KANTOR PERTANAHAN KOTA SALATIGA

  1. PENDAHULUAN

Gedung Kantor Pertanahan Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah telah diresmikan pada tanggal 26 Maret 2015 oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional, yaitu Bapak Fery Mursyidan Baldan.Acara dimulai pukul 09.00 dan berakhir pada pukul 11.30 WIB. Peresmian prasarana fisik di lingkungan Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia, hanya dapat dilakukan oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional atau pejabat yang ditunjuk, hal itu tertuang dalam point 5b Surat Edaran Kepala Badan Pertanahan Republik Indonesia Nomor : 6/SE/V/2013 tertanggal 17 Mei 2013 tentang Pelaksanaan Program/Kegiatan Pertanahan di Lingkungan Badan Pertanahan Nasional.

Proses pembangunan gedung dilakukan sejak tanggal 13 Agustus 2014, selama 120 hari kalender. Pembangunannya selesai pada tanggal 10 Desember 2014.Pendanaan pembangunan gedung ini menggunakan DIPA Kantor Pertanahan Kota Salatiga Tahun Anggaran 2014, sebesar Rp 2.380.772.000,-Saat ini gedung telah diresmikan dan digunakan untuk seluruh kegiatan pelayanan Kantor Pertanahan Kota Salatiga.

Gedung ini berlokasi di Jalan Imam Bonjol Nomor 42, Kota Salatiga dan terletak di atas lahan HP. No 54 atas nama Pemerintah Republik Indonesia Cq. Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia di Kelurahan Sidorejo, Lor Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, seluas +2.640 m2. Lahan tersebut terdiri dari bangunan gedung satu lantai dengan luas 954 m2,   dan halaman di sisi depan, kanan dan belakang gedung.

Proses pengadaan Pembangunan Gedung Kantor Pertanahan Kota Salatiga Provinsi Jawa Barat tersebut dilaksanakan melalui pelelangan umum untuk Pelaksana Konstruksi dan penunjukan langsung untuk Konsultan Perencana dan Konsultan Pengawas. Sebagai konsultan perencana adalah CV. Survey Pembangunan– Semarang. Adapun pelaksana pembangunan konstruksi dilakukan oleh CV.Satria Agung Mulya– Salatiga. Sedangkan Konsultan Pengawas dilakukan oleh CV. Pola Prisma –Semarang. Pelelangan dan penunjukan penyedia jasa yang dilaksanakan telah mengikuti proses dan tahapan sesuai Perpres Nomor 70 Tahun 2012.

Untuk menunjang pekerjaan, gedung Kantor Pertanahan Kota Salatiga dilengkapi dengan dukungan sarana teknologi informasi yang dipasang untuk mendukung proses pelayanan pertanahan. Selain itu, juga terdapat fasilitas Loket, Ruang pertemuan (aula), ruang arsip buku tanah, pantry, ruang laktasi dan ruang pendukung lainnya. Pada kesempatan tersebut, Bapak Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional juga berkenan untuk meresmikan penggunaan Mushola Kantor Pertanahan Kota Salatiga, dan memberi nama mushola tersebut yaitu: “MUSHOLA AR-RAHMAN”

Berkaitan dengan acara peresmian tersebut, Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo, juga berkenan hadir namun karena bertepatan dengan acara pembukaan MUSRENBANG Kota Salatiga, maka beliau hadir sebelum acara peresmian dimulai. Gubernur meninjau dan mencermati serta mengkritisi semua sistem pelayanan yang ada pada Kantor Pertanahan Kota Salatiga. Ketika meninjau stand “Akses Reform” yang diadakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang Beliau sangat antusias. Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang memberikan akses kepada kelompok tani sapi perah ke lembaga keuangan dengan jaminan sertipikat tanah, untuk memperbesar modal usahanya dengan memproduksi susu, sabun susu dan lulur susu. Gubernur menyampaian beberapa wacananya tentang system pertanian dalam arti luas, sampai dengan pengolahan pasca panen yang dikemas secara komperhensip dan modern.

Atas semua yang kami lakukan, syukur Alhamdulillahacara peresmian Gedung Kantor Pertanahan Kota Salatiga beserta Musholanya, mendapat sambutan yang baik dari semua pihak. Salah satu kunci keberhasilan pembangunan Gedung dan Mushola Kantor Pertanahan Kota Salatiga hingga diresmikannya oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasionaladalah adanya komitmen dari semua pegawai berbagai pihak terkait yang menyadari pentingnya manfaat dari perbaikan sarana dan prasarana dalam meningktakan pelayanan kepada masyarakat. Kami yakin, komitmen tersebut muncul karena keinginan kuat dari seluruh jajaran Badan Pertanahan Nasional untuk mewujudkan tata pemerintahan dan pengelolaan keuangan negara yang baik (good governance).

 

  1. PELAKSANAAN PERESMIAN

 

  1. Waktu Peresmian.

Hari /tanggal : Kamis / tanggal 26 Maret 2015

Pada Pukul : 09.00 s.d 11.30 WIB

Bertempatdi : Kantor Pertanahan Kota Salatiga , Jl. Imam Bonjol No. 42 Kota Salatiga.

  1. Struktur Kepanitiaan.
  2. Penanggung Jawab Kegiatan : Kepala Kantor Pertanahan Kota Salatiga, Ronald F.P.M. Lumban Gaol, SH, M.M.
  3. Ketua Pelaksana Kegiatan : Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Ir. Sri Kusrini Maruti,M.Si.
  4. Sekretaris : Kepala Sub Seksi Tematik dan Potensi Tanah, Bayu Indarto,S.Sit, M.H.
  5. Bendahara : Kepala sub Seksi Penetapan Hak, Nur Sholikin, S.P.
  6. Koordinator Acara : Kepala Seksi Pengendalian dan Pemberdayaan, Sri Yanti Achmad, A.Ptnh,S.H, M.Kn.
  7. Koordinator Penataan Ruang : Kepala Seksi Pengaturan dan Penataan Pertanahan, Nurakhmi Suryandari, A.Ptnh.
  8. Koordinator Seksi Konsumsi : Kepala Seksi Survei Pengukuran dan Pemetaan, Dra.Endang Kinasih, L.S, M.M.
  9. Koordinator Urusan Tamu Undangan & Pembagian Sertipikat : Kepala Seksi hak Tanah dan Pendaftaran Tanah, Anna Pudjiatuti, S.H.
  10. Koordinator Keamanan :Kepala Seksi Sengketa, Konflik dan Perkara, Haryatmo,A.Ptnh, SH,M.H.
  11. Koordinator Perlengkapan : Kepala Urusan Perencanaan dan Keuangan, M. Rosyid Afiyanto, A.Md.
  12. Koordinator Seksi Dokumentasi : Kepala Sub Seksi Pengendalian Pertanahan, Dwi Haryo Suseno, BSc.
  13. Pembantu Umum : Kepala Urusan Umum dan Kepegawaian, Sri Suhasmi,S.H. dan Kepala Sub Seksi Pemberdayaan Masyarakat, M.Taufiq Purwanto.

 

  1. Rangkaian Acara Peresmian.

Sebelum acara peresmian dimulai Menteri Agraria dan Tata Ruang /Kepala Badan Pertanahan Nasional Bpk . Fery Mursyidan Baldan, berkenan transit di ruang Kepala Kantor Pertanahan Kota Salatiga. Sementara menunggu Bapak Menteri, untuk menghibur segenap hadirin, ditampilkan tari tradisional dari Jawa Tengah, yaitu Tari Gamyong, yang diperagakan oleh anak-anak dari Sanggar Tari Savitri Salatiga.Susunan acara inti dari peresmian adalah sebagai berikut :

  1. Pembukaan oleh Pembawa Acara, Sdr. Donna staf Kanwil BPN Provinsi Jawa tengah.
  2. Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dengan dirijen Sdr.Amin Retniati,SE Staf Seksi Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah Kantor Pertanahan Kota Salatiga.
  3. Pembacaan Doa, oleh Sdr. Nurul Hasani, Staf Seksi Survei Pengukuran dan Pemetaan Kantor Pertanahan Kota Salatiga.
  4. Laporan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Tengah, Bpk. Ir Ronny Kusuma Yudistiro,M.M.
  5. Sambutan Selamat Datang oleh Walikota Salatiga yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Salatiga, Bpk. Drs. Agus Rudianto,M.M.
  6. Penyerahan Sertipikat Tanah secara Simbolik.
  7. Penandatanganan Prasasti Peresmian Gedung Kantor Pertanahan Kota Salatiga.
  8. Sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang /Kepala Badan Pertanahan Nasional Bapak Fery Mursyidan Baldan.
  9. Peninjauan Gedung Kantor Pertanahan Kota Salatiga.
  • Penanaman Pohon langka oleh Menteri Agraria dan dan Tata Ruang /Kepala Badan Pertanahan Nasional Bpk . Fery Mursyidan Baldan.
  • Peninjauan Stand Pameran Akses Reform Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang oleh Menteri beserta seluruh rombongan.
  • Peresmian Mushola ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang /Kepala Badan Pertanahan Nasional Bpk . Fery Mursyidan Baldan. Pada kesempatan tersebut Bapak Menteri berkenan untuk memberikan nama dari Mushola Kantor Pertanahan Kota Salatiga, yaitu MUSHOLA AR-RAHMAN.
  • Penutupan, ditandai Foto Bersama dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang /Kepala Badan Pertanahan Nasional Bpk . Fery Mursyidan Baldan.
  1. Tamu Undangan

Pada acara peresmian Kantor Pertanahan Kota Salatiga, dihadiri sebanyak 250 orang tamu undangan dari berbagai unsur sebagai berikut :

  • Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional, beserta rombongan.
  • Deputi Bidang Survei Pengukuran dan Pemetaan , beserta rombongan.
  • Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Tengah beserta Kepala Bidang dan rombongan.
  • Kepala Kantor Pertanahan se-Karesidenan Semarang beserta Pejabat Eselon 4 dan rombongan .
  • Sekretaris Daerah Kota Salatiga.
  • Seluruh Pimpinan Instansi terkait di Pemerintah Kota Salatiga.
  • Ketua Dewan Perwakilan Rakyat di Kota Salatiga.
  • KAPOLRES Kota Salatiga.
  • Komandan KOREM 073/MKT Salatiga.
  • Komandan Kodim –Kota Salatiga
  • Komandan DENPOM Kota Salatiga.
  • Komandan Grop 2 KOPASUSS – Kartosuro.
  • Kepala Pengadilan Negeri Kota Salatiga.
  • Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Kota Salatiga.
  • Seluruh Pegawai Kantor Pertanahan Kota Salatiga.
  • Ibu Ketua dan Anggota Dharma Wanita Persatuan Kantor Pertanahan Kota Salatiga.
  • Paguyuban Pensiunan Kantor Pertanahan Kota Salatiga.
  • Tamu undangan lainnya yang merupakan mitra kerja dari Kantor Pertanahan Kota Salatiga.

 

 

  1. Penerima Sertipikat secara Simbolik.

Pada acara Peresmian Gedung Kantor Pertanahan Kota Salatiga ini, Menteri Agraria dan Tata Ruang juga berkenan untuk juga meyerahkan sertipikat tanah secara simbolik, sebanyak 8 buah sebagai berikut :

  1. Pemerintah Kota Salatiga, Hak Pakai No.95 Kelurahan Pulutan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.
  2. Tri Rohmat (Nadzir), Hak Milik Wakaf No.10 Kelurahan Ledok, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga.
  3. Indriyatno (Nadzir), Hak Milik Wakaf No.13 Kelurahan Blotongan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.
  4. Lasini, Hak Milik No. 5607 Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga.
  5. Pemerintah Kabupaten Semarang, Hak Pakai No.77 Kelurahan Kupang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.
  6. Pemerintah Kabupaten Demak Hak Pakai No.77 Kelurahan Mangunjiwan, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak.
  7. PLN PERSERO, Hak Guna Bangunan No.16 Kelurahan Temurejo, Kecamatan Karangayun, Kabupaten Grobogan.
  8. Yayasan Wakaf Slamet Rahayu, Hak Milik Wakaf No. 36 Kelurahan Jambearum, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal.

 

  1. Pokok-Pokok Isi Sambutan Pada Acara Peresmian.

 

  1. Pokok-pokok isi Sambutan/ Laporan Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Tengah, Bapak Ir. Ronny Kusuma Yudistiro,M.M. adalah sebagai berikut :
  • Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa Karena diberikan kesehatan sehingga acara peresmian Gedung Kantor Pertanahan Kota Salatiga bisa berjalan dengan baik.
  • Ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional sudah berkenan untuk hadir dan meresmikan hasil pembangunan gedung, di lingkungan Kanwil BPN Propinsi Jawa Tengah.
  • Melaporkan bahwa di Provinsi Jawa Tengah pada Tahun Anggaran 2014, membangun 4 (empat) buah gedung masing-masing sebagai berikut :

– Gedung Kantor Pertanahan Kota Salatiga seluas 954 m2 dengan biaya 2,5 M

-Gedung Kantor Pertanahan Kabupaten Rembang seluas 400 m2 dengan biaya 1,7 M

-Gedung Kantor Pertanahan Kabupaten Blora seluas 735 m2 dengan biaya 3,2 M

-Gedung Arsip Kantor Pertanahan Kabupaten Wonosobo seluas 253 m2 dengan biaya 1,9 M.

  • Untuk selanjutnya mohon perkenan Bapak Menteri untuk meresmikan keempat bangunan gedung tersebut di atas dengan menandatangani prasasti yang telah disiapkan.
  • Pada saat ini keempat Kantor Pertanahan tersebut di atas juga akan menyerahkan sebanyak 26 sertipikat tanah dengan perincian sebagai berikut :

-Kota Salatiga 8 buah terdiri dari sertipikat tanah Hak Milik, Hak Guna Bangunan, Hak Pakai dan wakaf.

-Kabupaten Wonosobo 5 buah terdiri dari sertipikat tanah Hak Milik, Hak Guna Bangunan dan wakaf.

-Kabupaten Blora 5 buah terdiri dari sertipikat tanah Hak Milik, Hak Guna Bangunan, Hak Pakai dan wakaf.

-Kabupaten Rembang 8 buah terdiri dari sertipikat tanah Hak Milik, Hak Guna , Hak Pakai dan wakaf.

Selanjutnya mohon perkenan Bapak Menteri Untuk menyerahkan sertipikat tanah secara simbolik yang sudah disiapkan oleh panitia.

  • Mohon maaf apabila dalam penyambutan Bapak Menteri masih terdapat kekurangan dan terimakasih kepada panitia yang telah mempersiapkan acara peresmian.

 

 

  1. Pokok-Pokok Isi Sambutan Walikota Salatiga yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Salatiga Bapak Drs.Agus Rudianto,M.M. adalah sebagai berikut :
  • Kantor Pertanahan Kota Salatiga  merupakan  instansi pelayanan  publik yang merupakan jajaran dari Badan Pertanahan Nasional. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2015 tentang Badan Pertanahan Nasional, merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Presiden.

 

  • Sejalan dengan tuntutan perkembangan jaman instansi pelayanan publik harus senantiasa meningkatkan pelayanannya, dengan menambah sarana dan prasarana,antara lain berupa pembangunan gedung kantor.

 

  • Pada Tahun Anggaran 2014 Kantor Pertanahan Kota Salatiga mendapatkan alokasi dana APBN (Rupiah Murni) yang tertuang dalam DIPA kantor sebesar RP 2.400.000.000,00 (Dua milyar empat ratus juta rupiah) dengan realisasi nilai gedung sebesar Rp. 2.380.772.000 ( Dua milyard tigaratus delapan puluh juta tujuh ratus tujuh puluh dua ribu rupiah ).

 

  • Dalam hal renovasi Kantor Pertanahan ini,Pemerintah Kota Salatiga  ikut  andil dalam proses pelelangan penyedia jasanya,yaitu melalui ULP (Unit LayananPengadaan) Pemerintah Kota Salatiga dengan cara LPSE, lelang secara elektronik, sehingga tidak ada pertemuan langsung dengan penyedia jasa.

 

  • Pada saat ini renovasi sudah selesai dan diresmikan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional, semoga nantinya dapat memberikan peningkatan pelayanan bagi masyarakat Kota Salatiga.

 

  • Pada kesempatan ini juga akan diserahkan sertipikat tanah secara simbolis. Maka kami mewakili masyarakat Kota Salatiga mengucapkan terimakasih karena masyarakat telah mendapatkan HakAtas Tanah yang telah dijamin kepastian hukumnya.

 

  • Harapan saya bahwa pembangunan prasarana gedung ini akan dibarengi dengan perubahan mentalitas dan mindset seluruh pegawai Kantor Pertanahan Kota Salatiga kearah kebaikan untuk selalu mengedepankan pelayanan kepada masyarakat Kota Salatiga di atas kepentingan yang lain
  1. Pokok-Pokok Isi Pidato Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional, Bapak Fery Mursyidan Baldan, sebagai berikut :
  • Pertama-tama mengucapkan permohonan maaf seharusnya datang kemarin untuk meresmikan sekaligus di empat Kantor Pertanahan di Jawa tengah, yaitu Salatiga, Rembang, Blora dan Wonosobo, Namun baru terealisasi hari ini. Kenapa Menteri berkenan datang ke Peresmian Gedung, karena tidak hanya peresmian fisiknya saja yang dilihat tetapi peresmian ini sebagai symbol,kami ingin menunjukkan bahwa lembaga kementerian ini siap dalam memberbaiki pelayanan. Kemegahan bangunan fisik harus diikuti dengan pelayanan yang baik, semua pegawai harus siap tersenyum saat melayani masyarakat.
  • Masyarakat yang datang ke Kantor Pertanahan tidak hanya minta cepat selesainya urusan, namun juga minta keramahan, solusi, respon dari petugas dan kemudahan-kemudahan dalam pengurusan sertipikat tanah. Komitmennya harus menyenangkan masyarakat.
  • Petugas loket (front office) merupakan garda terdepan, maka pegawai yang ditempatkan di loket harus yang benar-benar berkarakter baik, ramah dan responsive. Tugas pimpinan adalah mengawal para staf dalam melayani masyarakat tersebut.
  • Baru kemarin Menteri dalam sehari dapat menandatangani 29 proses HGU di seluruh Indonesia, dari Papua sampai Aceh, artinya bahwa sebenarnya tidak ada kesulitan. Hal itu menandakan bahwa kami sedang melakukan pembenahan , juga sedang menyiapkan pelayanan On line,namun tidak semua masyarakat familier dengan teknologi. Intinya semua akan menjadi media dalam memberi kemudahan bagi masyarakat termasukWeekend service (pelayanan sabtu minggu).
  • Saat ini sedang disiapkan juga instrument / payung hukum yang akan memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan misalnya konsolidasi tarif, sebagai patokan bagi PPAT, sehingga tidak akan rumit dalam memberikan tarif ke masyarakat.
  • Adanya wacana membuatloket khusus bagi corporate, misalnya Pemerintah daerah atau instansi pemerintah, TNI dsb juga yang melalui PPAT. Hal itu dimasudkan agar kinerja pelayanan bisa dikontrol. Namun tidak buka setiap hari, bisa seminggu dua kali saja,asalada jadwal yang jelas. PPAT datang ke Counter jika hanya ada permasalahan yang harus dikonsultasikan. Semua itu bertujuan untuk memberikan kepastian hak secara jelas dan efektif.Loket tidak menerima uang cash namun memakai jasa perbankan, sehingga ada dua hal yaitu : kemudahan dan kelas pelayanan.
  • Kepada instansi pemerintah yang mempunyai asset tanah silakan disertipikatkan, bagi yang belum bersertipikat. Sertipikasi penting untuk menghindari tanah-tanah tak bertuan.
  • Semua bidang tanah punya riwayat yang berhubungan dengan kehidupan manusia, maka akan bisa ditelusuri apabila ada sengketa dalam memproses sertipikasinya, akan dimediasikan. BPN akan mengadvokasi dalam hal kesadaran hak atas tanah.
  • Kelemahan masyarakat harus diproteksi dan dibantu, maka untuk peserta PRONA yang dipentingkan bukan segmentasinya tapi teritorialnya, hal itu untuk menjamin rasa keadilan, harus secara sistematik seluruh desa.
  • Dalam Haltanah HGU yang diterlantarkan, tidak boleh langsung diperpanjang. Jadi harus menggunakan kewenangan yang ada untuk melawan investor yang semena-mena. Pada saat ini kami sedang membuat design HGU tidak boleh diagunkan ke Bank. Karena hal itu berarti membiarkan penyia-nyiaan potensi lahan.Pastilah orang itu tidak punya modal, minta hak tapi tidak mampu menggarap. Maka setelah terbit HGU, selama 3 tahun tidak boleh diagunkan. Tidak boleh semangat kepemilikan dan penguasaan lebih mengemuka dari pada semangat kemanfaatan.
  • Menggunakan sosial media misalnya twiter dalam hal memantau proses pelayanan pertanahan, juga untuk menyentuh semua terutama jajaran BPN sendiri dalam meningkatkan kinerjanya.
  • Kedepan dalam berbagai program pemerintah BPN ikut mengontrol program pemerintah tersebut, misalnya yang memerlukan tanah bagi kepentingan umum maka tanah tersebut akan di fresh (diblog) tidak boleh ada peralihan haknya.atau tidak boleh ada pengalihan status kepemilikan.
  • Terakhir kembali lagi saya tekankan bahwa kata kuncinya adalah keramahan dalam hal menyelesaikan permasalahan pertanahan. Setiap saat kamiakan mengadakan evaluasi langkah-langkah untuk mempebaiki lembaga dari waktu ke waktu. Menjadi instansi yang terbuka, bersinergi dengan semua pihak, termasuk pemerintah daerah. Kebijakan pertanahan harus sejalan dengan kebijakan pemerintah daerah juga, maka harus utuh, kompak, penuh kebersamaan sebagai satu–kesatuan dari pemerintah, yang siap melayani masyarakat

 

 

  1. FOTO-FOTO PERESMIAN

 

 

Menteri ATR/Ka BPN bersama Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Tengah dan  Kepala Kantor Pertanahan Kota Salatiga.

 

 

Pidato Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional,

Bapak Fery Mursyidan Baldan.

 

 

Penyerahan Sertipikat tanah secara simbolik oleh Menteri ATR/Ka. BPN

 

 

Foto bersama para penerima sertipikat tanah.

 

 

Penandatanganan Prasasti sebagai tanda diresmikannya Gedung Kantor Pertanahan Kota Salatiga.

 

Menteri bersama Kepala Kantor Pertanahan dan Petugas Front office Kantor Pertanahan Kota Salatiga, siap melayani masyarakat dengan keramahan dan senyuman.

Menteri berpesan kepada Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Pertanahan Kota Salatiga

agar ruangan kantor di design berwarna-warni, sehingga semarak dan tidak monoton.

 

Menteri meninjau peta pada Seksi Pengaturan & Penataan Pertanahan

Kantor Pertanahan Kota Salatiga.

 

Menteri meninjau proses pengetikan sertipikat tanah, pada Seksi Hak Tanah & Pendaftaran Tanah Kantor Pertanahan Kota Salatiga.

 

  1. PENUTUP

Demikian BukuLaporan Peresmian Gedung Kantor Pertanahan Kota Salatiga, yang beralamat di jalan Imam Bonjol No.42 Kota Salatiga. Acara tersebut telah sukses diresmikan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional Bapak Fery Musyidan Baldan.

Semoga apa yang dimuat dalam buku ini bermanfaat bagi semua pihak,dapat memberikan gambaran dari acara peresmian yang cukup meriah. Hal itu merupakan kejadian yang membanggakan, sekaligus hari yang bersejarah bagi jajaran Badan Pertanahan Nasional, khususnya bagi segenap Keluarga Besar Kantor Pertanahan Kota Salatiga. Semoga kesuksesan tersebut dapat memberi semangat bagi kami dalam meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat di Bidang Pertanahan.Aamiin.

 

 

———-***———-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: